Sunday, March 30, 2008


CIBFest 2008 Banner A





LORD,
I AM NOT WORTHY TO RECEIVE YOU,
BUT ONLY SAY THE WORDS,
AND I SHALL BE HEALED...
_______________________________

(YA TUHAN,
AKU TIDAK PANTAS
ENGKAU DATANG PADAKU.
TETAPI BERSABDALAH SAJA,
MAKA AKU AKAN SEMBUH...)

Saya teringat lagu masa kecil di sekolah Katolik ini.
Singkat. Padat. Berbicara dalam.
Iman kepada Tuhan Yesus. Percaya. Maka kau akan sembuh.
Sembuh dari penyakit, sembuh dari luka batin.

Aslinya ini adalah ucapan dari seorang perwira Romawi kepada Yesus Kristus, dalam kejadian berikut: (Matius 8 ayat 5-13).

Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya:
"Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita."
Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya."
Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.
Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."
Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.

Oya, jadi perlu hati-hati, dari ayat 11-12 perkataan Yesus bisa disimpulkan bahwa banyak yang dipanggil tapi sedikit yang dipilih.

(= Mat 22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.")

______________________________________________________

Lately I remember this old Catholic song...
(Note: in Indonesia these verses are sang).
Simple. But deep meaning.

Originally those sentences came from a Roman centurion who have great faith in Jesus, as told in this story (according to Matthew, one of the disciples):

8:5 Now when Jesus had entered Capernaum, a centurion came to Him, pleading with Him,
8:6 saying, "Lord, my servant is lying at home paralyzed, dreadfully tormented."
8:7 And Jesus said to him, "I will come and heal him."
8:8 The centurion answered and said, "Lord, I am not worthy that You should come under my roof. But only speak a word, and my servant will be healed.
8:9 "For I also am a man under authority, having soldiers under me. And I say to this [one], `Go,' and he goes; and to another, `Come,' and he comes; and to my servant, `Do this,' and he does [it]."

8:10 When Jesus heard [it], He marveled, and said to those who followed, "Assuredly, I say to you, I have not found such great faith, not even in Israel!
8:11 "And I say to you that many will come from east and west, and sit down with Abraham, Isaac, and Jacob in the kingdom of heaven.
8:12 "But the sons of the kingdom will be cast out into outer darkness. There will be weeping and gnashing of teeth."
8:13 Then Jesus said to the centurion, "Go your way; and as you have believed, [so] let it be done for you." And his servant was healed that same hour.

From Mat. 8:11-12 it also implies that we must be careful because many are called, but few are chosen.

(= Mat. 22:14 For many are called, but few [are] chosen.")